SMS Center

Selamat datang di layanan SMS Center Dinas Pertanian Kab.Grobogan

Dinas Pertanian Grobogan menyediakan berbagai layanan tanya jawab melalui berbagai media :

  1. SMS Center dan WA center (082220874620)
  2. Email (dipertan@grobogan.go.id)
  3. Twitter ( #pertanian grobogan )
  4. owk.to

pertanyaan yang sama tidak kami muat disini

Terima kasih atas perhatiannya,

=========== resume tanya jawab =========

REKAP SMS CENTER

 

  1. Tanya : Asslm. . Maaf . . Apa bisa sya mau jadi agen pu2k pertanian,

Jawab   :  Maaf pak/Ibu untk jadi distributor pupuk itu kewenangan prodosen pupuk  baik pusri  maupun petrokimia,

Tanya    : Trus gman mz solusinya. . Sya pngin jd agen

Jawab   : Kl pengecer tk desa bisa mengajukan ke distributor bpk alamat komplit ada?

Tanya    : Ada mz. . Mz bisa bantu gak. .  Soalnya hanya ni yg bisa buat usha sampinganku, soalny sya asli lamongan. Istri genengadal – toroh

  1. Tanya : Maaf bpk/ibu padiku kmrn stlh di pupuk ke 1, daune pada merah akhire sampai saat ini ada yg mati, pdhl pupuke phonska,organik,tsp36.kmren sempat beli obat di tko pertanian gk ada perubahan.bahkan beli lg di tmpt toko pertanian laine obate beda tpi tetap aja tdk ada perubahan bahkan tko pertanian dg obat berbeda” tdk ad perubahan.utk penyakit seperti itu obate apa.,?

Jawab   : beri alamatnya pak biyar dilihat petugas saya

Tanya    : dusun ngramut desa menduran kalo mau lihat kabari dulu. Aku disawah pagi sampai jam 08.00 kalo sore biasanya jam 4.30 an

Jawab   : maaf pak mau tanya untuk alokasi pupuk ponska dan SP36 untuk poktan tani makmur dusun ngramut desa menduran ada lagi tidak, masalah nya tadi aku ke poktan adanya Cuma urea,ZA padahal rencara hari ini baru pupuk pertama,tx

Tanya    : masih

Jawab   : tolong segera dikirim, suwun

Tanya    : oke tak sampaikan distributornya

Jawab   : maaf pak  pupuk SP36 dan ponska untuk kelompok tani makmur kok belum dikirim

Tanya    : pupuk dikirim ke pengecer resmi dan sesuai RDKK

  1. Tanya : selamat siang pak. Mohon maaf mau tanya dengan dinas pertanian. Kan begini masyarakat tumpuk, tambak selo, wirosari kan dapat bantuan sumur di persawahan yang punya sawah itu yang ditempati disuruh bayar 200. kalo masalah makan itu gpp yang kami tanyakan apa itu dari atasan benar atau polah dengan petugas ini, mohon penjelasannya pak, trims

Jawab   : oke, aduan saya sampaikan kepada pengelola pekerjaan mohon informasi dengan siapa dan alamat

Tanya    : dari kalangan masyarakat alamat tumpuk, desa tambak selo kec. Wirosari. Kab.grobogan. Kami mohon ditindak lanjuti

Jawab   : segera ditindak lanjuti dan mohon kami harus koordinasi dengan siapa dan kalo memang ada penarikan dana biar segera dikembalikan dan minta data orang yang meminta dana agar segera ditangani

Tanya    : saya pak sutoyo saya nggak bisa ngasih tau siapa orangnya intinya petugas tersebut mohon di musyawarahkan lagi apa enggak kalo emang penarikan itu dari pihak atasan, kami enggak masalah kan kita jelas, kalo emang dr pihak atas gak menerapkan ke bawah, berati dari petugas ini ,itu buat2 acara sendiri. saya cuma minta penjelasan apabenar peraturan dari pihak atas menerapkan penarikan uang juga. cukup itu yang saya tanyakan kalo emang iya gpp kalo misal tidak kami mohon cari yang jujur.

Jawab   : pak semua bantuan dr dinas baik itu benih,traktor poimpa, maupun kontruksi jaris jalan semua itu cuma2 tidak ada pungutan. Terimakasih informasi ini segera kami tindak lanjuti dan mohon kerja samanya

Tanya    : siap ndan. Kalo uang itu jelas kita gak masalah tapi kalo enggak jelas patut di pertanyakan .kalo setau saya kalo nmaanya bnatuan itu semua geratis setau saya. Mohon maaf kalo banyak tanya lagian kita rakyat kecil, masih diminta minta, terimakasih atas waktunya dan kerja samanya semoga kedepannya petugas menjadi lebih baik

Jawab   : oke pak terimakasih infonya,segera ditinjak lanjuti

  1. Tanya : sentra cabe merah di grobogan terletak didaerah mana ya pak

Jawab   : cabe merah di desa lajer penawangan luas 30 hektar saat ini mulai panen harga 31 sampai 35rb/kg

Tanya    : di desa lajer itu ada kelompok tani cabe rawitnya ndak ya

Jawab   : masuk kelompok tani komoditas ya ada hortikultu dan pangan

  1. Tanya : pak mau tanya, apa benar sp36 yang disalurkan ke kelompok tani itu hnaya untuk anggota aktif kelompok tersebut? Petnai biasa gak dapat jatah sp36

Jawab   : tidak benar pak. Beri alamat biar kita meluruskan permasalahan bpk

Tanya    : kelompok tani budi luhur desa cingkrong, kecamatan purwodadi, kab. Grobogan,jawa tengah. Dan kelompok tani pimpinan bapak maskun di desa pulorejo. Saya beli tetep dilayani pak, harga 105 rb dapat 1 sak  tadi . Tapi aturane tetep sama sebenere, hanya untuk kelompok karenakedekatan saya dg yang jual pak.

Jawab   : oke nanti saya tindak lanjuti

  1. Tanya : mohon maaf info di ptjk, tuk bnatuan benih jagung realisasinya  kapan pak njih? Semoga dapat segera di droping, maaf karna petani hutan sgt menunggu kbr gbr tsb. Mks.

Jawab   : untuk kegiatan bantuan benih jagung untk lahan hutan saat ini masih tahap verifikasi calon petani di tkt kelompok lmdh

Tanya    : terimakasih atas infonya, kami tunggu kabar selanjutnya.terimkasih

  1. Tanya : selamat pagi katanya ada bantuan alat pertanian apakah betul?

Jawab   : betul pak alat traktor dan tranplater utk kelompok tani

  1. Tanya : selamat pagi pak, mau tanya masalah pupuk sp36 itu untuk petani apa hanya untuk kelompok

Jawab   : mohon dikasih nama dan alamat

Tanya    : cingkrong kelompok tani budi luhur

Jawab   : dasar penyaluran pupuk adalah RDKK

  1. Tanya : kalo mau beli tempe hyjiene dimana ya?

Jawab   : di RKG langsung di desa krangganharjo Toroh

Tanya    : kalo dikota purwodadi ada ndak?

Jawab   : di luwes dan surya laksana

  1. Tanya : Selamat siang, saya Aswin sragen. Mau cari jagung pipilan kering butuh 7 ton/hari di Grobogan ke Gapoktan mana ya Pak yang stoknya ada?

Jawab   : Terima kasih atas kerjasama untuk menyerap produksi jagung di Grobogan diinformasikan masa panen jagung masih 2-3 minggu lagi mohon informasi lagi dan kami infokan petugas kami dilapangan yang dekat dengan sragen. Nanti di kecamatan kradenan dan Geyer kalo boleh kami diberi CP bapak atau ibu nama dan alamat.

  1. Tanya : Mohon alamat Rumah Kedelai Grobogan. Trims

Jawab   : BPP Krangganharjo Desa Krangganharjo Kecamatan Toroh, Jl, Purwodadi-Solo KM 5

  1. Tanya : Assalamualaikum Pak, saya mahasiswa ITB apakah saya dapat menemukan informasi dimana saya dapat membeli kedelai Grobogan saya berniat menggunakan kedelai Grobogan sebagai bahan dasar penelitian saya, terima kasih.

Jawab   : bisa

Tanya    : Lalu bagaimana saya dapat menghubungi penjualnya ya Pak.

Jawab   : Datang ke Rumah Kedelai Grobogan di seed center.

Tanya    : Maaf pak, kalo pembelian kedelainya online dan dikirim bisa tidak ya pak. Mungkin kalo harus langsung datang ke Grobogan saya terkendala jarak.

Jawab   : Ya nanti dibantu kirim lewat POS. jumlahnya berapa? Kalo mau barang yg baru kira2 akhir januari ada panen.

Tanya    : baik terimakasih

 

TALK SHOW PETANI DENGAN BUPATI GROBOGAN DI I-NEWS TV TANGGAL 29 JULI 2017

 

 

  1. Pertanyaan :

Kartu Tani yang sudah diterima oleh petani ternyata sebagian belum bisa dipergunakan karena belum diaktifkan, Bagaimana caranya agar dapat segera dipergunakan ?

 

Jawab :

Sebaiknya Kartu Tani yang sudah diterima petani ditarik kembali oleh kelompoktani dan diserahkan oleh Penyuluh Pertanian kemudian dikembalikan ke BRI untuk diaaktifkan atau Pihak BRI bisa mendatangi langsung ke lokasi kelompoktani, agar prosesnya lebih cepat dan petani tidak perlu antri lama.

 

  1. Pertanyaan :

Kami dari Penyuluh Swadaya, ingin menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati hubungannya dengan petak percontohan dari tanah desa, saya Penyuluh Swadaya Desa Tambirejo Kec. Toroh nama Maryoto telah menerima lahan percontohan seluas lebih kurang 1.200 M² telah kami kelola untuk percontahan komoditas maupun tehnologi baru dan ini manfaatnya sangat besar bagi petani disekitarnya, namun yang ingin kami sampaikan ini pesan teman-teman Penyuluh Swadaya di Kabupaten Grobogan, masih banyak Penyuluh Swadaya yang belum diberikan lahan percontahan dari desa, mohon Ibu bupati dapat memfasilitasi, demikian terima kasih.

 

Jawab :

Terima kasih atas masukannya, dan terima kasih kepada semua Penyuluh Swadaya atas bhaktinya dalam bidang pertanian, semoga pertanian kita kedepan tetap jaya.

Hubungannya dengan lahan percontohan, telah diatur dalam Peraturan Bupati Grobogan Nomor 29 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyusunan APBDESA TA. 2017, dalam Hal-Hal Khusus Lainnya no. 4 halaman 20. Berbunyi: Dalam Rangka mendukung kebijakan di bidang pertanian pemerintah desa agar menyediakan lahan pertanian laing luas 2.000 M² dari tanah kas desa atau sesuai hasil koordinasi dengan perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pertanian untuk dijadikan Demplot Kedelai Varietas Grobogan, benih bawang merah, pisang raja bulu, atau sesuai kearifan lokak desa yang pelaksanaannya dikerjakan oleh kelompok tani desa.

 

  1. Pertanyaan :

Dalam upaya memberdayakan kelompok tani/ Gapoktan, utamanya dalam pelayanan kebutuhan sarana produksi bagi petani, dimana Gapoktan saat ini juga mengelola modal kegiatan PUAP, kami usulkan kepada Ibu Bupati, bagaimana Gapoktan yang sudah punya modal dan gudang apa bisa menjadi pengecer, mohon ibu Bupati dapat memfasilitasi, trima kasih.

 

 

 

 

Jawab :

Bapak/Ibu sebelumnya saya sampaikan terima kasih, atas berkembangnya pengelolaan modal PUAP dari pemerintah pusat, namun demikian masih ada juga yang belum berkembang, ini mohon kepada petugas untuk lebih intensif dalam pembinaannya.

Hubungannya dengan menjadi penyalur, silahkan mengajukan ke Distributor, dengan sepengetahuan Dinas Pertanian tentang kelayakan diantaranya luasan areal yang akan dilayani dan lainnya.

 

  1. Pertanyaan :

Upaya untuk mengatasi musim tanam padi ke 2, dimana pembusukan jerami belum sempurna, oleh petani dilakukan dengan pemberian Dekomposer maupun MOL (Mikro Organisme Lokal) dan pemberian pupuk Nitrogen dalam bentuk Urea di alihkan ke Pupuk ZA, namun ketersediaan Pupuk ZA di MT II di tingkat penyalur ketersediaannya kurang tepat waktu, maksudnya saat tidak dibutuhkan tersedia banyak, namun saat dibutuhkan kurang, Mohon kepada Ibu Bupati dapat memberikan solusi, demikian saya sampaikan terima kasih.

 

Jawab :

Terima kasih atas masukannya, maka langkah yang terbaik agar ketersediaan pupuk dapat tepat waktu adalah:

  1. Dalam menyusun RDKK hendaknya jadwal dibuat sesuai kebutuhan.
  2. Penyalur dalam menyalurkan pupuk juga harus mengetahui kondisi lapang maupun jadwal dalam RDKK.
  3. Pentingnya koordinasi antara penyalur dan ketua kelompok tani dalam memenuhi kebutuhan pupuk para petani agar dapat tepat waktu.

 

  1. Pertanyaan :

Para petani hortikultura diwilayah kami, kebiasaan memupuk tanam menggunakan pupuk majemuk NPK, namun kandungan unsur  yang dipilih NPK 16:16:16, tetapi harganya lebih mahal karena bukan pupuk subsidi, mohon kepada ibu Bupati kandungan Pupuk subsidi PHONSKA yang kandungannya NPK. 15:15:15 dapat ditingkatkan menjadi NPK. 16:16:16, sehingga para petani dapat menekan biaya produksi, dan pendapatannya lebih meningkat, terima kasih.

 

Jawab :

Terima kasih atas masukannya, Karena merubah kandungan pupuk menjadi wewenang pusat,  akan kami sampaikan usulan bapak/Ibu, mengingat saat ini komoditas hortikultura kita baru Tren banyak prestasi yang kita dapat, semoga Kabupaten Grobogan kedepan menjadi lebih hebat.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *